Para ilmuwan telah melakukan penelitian untuk menentukan hewan-hewan paling cerdas di dunia. Kecerdasan ini diukur bukan dari tes kognitif seperti intelligence quotient (IQ), tetapi diniliai berdasarkan aktivitas atau perilaku mereka yang seperti manusia. Beberapa contohnya adalah hewan yang bisa menggunakan alat atau benda untuk keseharian mereka. Seperti menggunakan batu untuk memukul buah dan dimakan, hingga melakukan komunikasi dengan suara atau kode tertentu.

Para ilmuwan telah melakukan penelitian untuk menentukan hewan-hewan paling cerdas di dunia. Kecerdasan ini diukur bukan dari tes kognitif seperti intelligence quotient (IQ), tetapi diniliai berdasarkan aktivitas atau perilaku mereka yang seperti manusia.
Beberapa contohnya adalah hewan yang bisa menggunakan alat atau benda untuk keseharian mereka. Seperti menggunakan batu untuk memukul buah dan dimakan, hingga melakukan komunikasi dengan suara atau kode tertentu.

Berikut ini beberapa hewan paling cerdas di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber.

Daftar 10 Hewan Paling Cerdas di Dunia
1. Simpanse
Berbagai studi telah menemukan bahwa simpanse (Pan troglodytes) menunjukkan kecerdasan di atas rata-rata mereka sebagai hewan. Misalnya, bisa menggunakan benda di alam, seperti ranting kayu, untuk digunakan sebagai alat tertentu. Mereka juga memiliki kode atau komunikasi tertentu di kelompoknya.

Sebagai primata, simpanse berbagi 98,7% DNA yang sama dengan manusia. Secara umum, kecerdasan simpanse terlihat dari kemampuannya dalam memecahkan teka-teki dan menyelesaikan masalah.
2. Lumba-Lumba
Di air, lumba-lumba adalah hewan yang dikenal paling pintar di dunia. Lumba-lumba memiliki otak yang lebih besar dibandingkan manusia.

Hal tersebut menjadikan mereka sebagai spesies yang cerdas, terutama dalam kemampuannya melakukan ekolokasi (mengeluarkan bunyi dan menerima pesan dari bunyi tersebut), memecahkan teka-teki, dan menggunakan objek laut sebagai mainan.
3. Gurita
Gurita adalah hewan laut dari kelompok cephalopoda, yang dikenal cerdas karena kemampuannya dalam melarikan diri, bersembunyi, dan menyelesaikan masalah.

Mengutip IFLScience, gurita diketahui memiliki sistem saraf kompleks yang bisa membantunya memecahkan sebuah masalah dan pembelajaran tingkat lanjut. Hal ini bisa dilihat dari kemampuannya, seperti menggunakan batok kelapa untuk bersembunyi dari pemangsa dan memanipulasi benda untuk membuka suatu tempat persembunyian.

Dalam laporan National History Museum, gurita bisa cerdas salah satunya karena memiliki lebih dari satu otak. Kondisi ini memungkinkan mereka bisa menyelesaikan atau merespons apa yang sedang dihadapi dengan lebih cepat dan efektif.

4. Anjing
Sebagai hewan yang dijadikan peliharaan, anjing kerap menunjukkan kecerdasannya. Penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Frontiers (2017) yang ditulis oleh Debora Jardim-Messeder, mengungkapkan bahwa anjing memiliki dua kali lipat jumlah neuron di korteks serebral dibandingkan kucing.

Hal ini membuat anjing memiliki kecerdasan kognitif yang lebih besar sehingga membuatnya lebih mudah untuk dilatih.

5. Orang Utan
Selain simpanse, primata lain yang dikenal cerdas adalah orang utan. Menurut penelitian, mereka diketahui memiliki kemampuan untuk berbicara mengenai masa lalu seperti halnya manusia.

Pada 2018, para peneliti melaporkan bahwa orang utan Sumatra yang memiliki bayi mampu mengkomunikasikan informasi mengenai bahaya predator kepada anaknya. Hal ini menjadi salah satu bukti dari kecerdasan orang utan dalam berkomunikasi dan menyampaikan pesan, sebagaimana dikutip dari science.org.

6. Burung Gagak
Burung gagak dikenal cerdas karena kemampuannya dalam merencanakan masa depan dan mengingat dengan sangat baik. Mengutip National Geographic Internasional, burung gagak dapat mengingat dan mengenal wajah manusia yang pernah ia temui.

7. Burung Beo Abu-Abu
Burung beo abu-abu adalah jenis burung paruh bengkok dari kelompok psittaciformes. Umumnya, burung beo dikenal karena kepintarannya dalam meniru ucapan manusia, tetapi jenis beo abu-abu dikenal sebagai pembicara yang ulung.

Dilansir dari BBC Science Focus, burung beo abu-abu dapat memahami kata-kata dan melakukan berbagai teka-teki kognitif melampaui anak manusia yang berusia 5 tahun.

8. Lebah
Lebah kerap dijuluki sebagai “serangga terpintar di dunia” karena mampu memecahkan berbagai teka-teki dan memiliki kemampuan navigasi yang tinggi. Lebah memiliki kemampuan dalam menentukan rute tercepat untuk menuju bunga setelah berulang kali.

Selain itu, lebah mampu mengidentifikasi objek yang telah dikunjungi melalui sentuhan meskipun dalam keadaan gelap, melansir dari penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Science pada 2020.

9. Gorila
Gorila juga termasuk primata yang memiliki kecerdasan dalam berkomunikasi. Beberapa peneliti yang mempelajari gorila mengatakan bahwa hewan ini bukan hanya cerdas, tetapi juga memiliki kesadaran.

Seekor gorila bernama Koko bahkan dilaporkan mampu menguasai bahasa isyarat. Koko telah mengetahui lebih dari 1.000 isyarat tangan dan memahami 2.000 kata dalam bahasa Inggris secara lisan.

10. Gajah
Gajah memiliki otak yang besar, dengan jumlah neuron yang tiga kali lebih banyak daripada manusia. Hal ini membuat gajah dikenal sebagai hewan yang cerdas, terutama dalam kemampuan mengingat dalam waktu dan ruang yang sangat panjang.

Dikutip dari situs resmi Baanchang Elephant Park, direktur Proyek Penelitian Gajah Uda Walawe di Sri Lanka, Dr Shermin de Silva, mengatakan bahwa gajah dapat mengenali teman-temannya dan memperbarui ikatan ini bahkan setelah berpisah untuk waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *