Benarkah Tikus Sangat Suka Keju? Begini Faktanya

VIDTX – Apakah detikers pernah menonton film kartun ‘Tom & Jerry’? Tentu kamu akan melihat bagaimana tokoh tikus bernama Jerry sangat menyukai makanan keju. Namun, apakah tikus yang sebenarnya juga suka keju?

Tikus adalah hewan pengerat. Seperti kebanyakan hewan pengerat, tikus biasanya makan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Mengutip laman Wonderopolis, tikus cenderung akan memakan makanan yang paling mudah ditemukan di sekitar mereka hidup.

BACA JUGA : Dikenal sebagai Predator, Benarkah Hiu Takut dengan Lumba-lumba?

Tikus cenderung tidak pilih-pilih makanan seperti hewan pengerat lainnya, yang akan memakan apa saja. Makanannya termasuk serangga, hewan lain, dan bahkan keju.

Apakah Tikus Sangat Suka Keju?

Seperti gambaran kartun ‘Tom & Jerry’ dan juga film lainnya, ternyata beberapa ilmuwan sepakat bahwa tingkat kesukaan tikus kepada keju tidak setinggi itu.

Sebab, keju bukanlah jenis makanan yang banyak tersedia di daerah tempat tinggal tikus. Dengan demikian, tikus tidak akan terlalu sering terpapar keju.

Dengan kondisi tersebut, tentu tidak bisa dibuktikan secara spesifik bahwa tikus sangat menyukai keju.

Di sisi lain, tikus juga memiliki penciuman yang sangat sensitif. Bau tajam dan menyengat dari sebagian besar keju cenderung membuat tikus menjauh daripada mendekat.

BACA JUGA : Ternyata Ini Alasan Kucing Sphynx Tidak Punya Bulu

Tikus Suka Makanan yang Banyak Mengandung Gula

Sebuah penelitian ilmiah menunjukkan bahwa tikus cenderung lebih menyukai makanan dengan banyak gula. Sedangkan keju mengandung protein yang biasanya tidak manis.

Itulah mengapa akan lebih mungkin untuk menangkap tikus dalam perangkap yang diberi umpan sepotong kecil cokelat daripada sebongkah keju.

Jadi, bisa dikatakan bahwa tikus mungkin doyan keju karena pada dasarnya, tikus bisa memakan apa saja. Namun, tidak sesuka seperti yang digambarkan pada film kartun.

Alasan Tikus Suka Menggerogoti Benda

Dijelaskan dalam situs ClearFirst Pest Control Inggris, tikus sering menggerogoti kabel, karton, atau banyak benda lain di sekitar rumah.

BACA JUGA : Lalat Ternyata Butuh Tidur, Kapan dan di Mana?

Perilaku ini dilakukan untuk mencari makanan atau bahkan memakan karton itu sendiri. Namun, tikus juga menggerogoti benda-benda di sekitar karena giginya terus tumbuh. Menggerogoti benda bisa membantu tikus mengontrol ukuran giginya.

Pada kondisi dan jenis tikus tertentu, ada kanibalisme yang bisa terjadi. Biasanya, jika tidak ada alternatif makanan, induk tikus akan memakan anaknya untuk bertahan hidup.

BACA JUGA :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *