Dikenal sebagai Predator, Benarkah Hiu Takut dengan Lumba-lumba?

VIDTX – Hiu adalah predator lautan yang bisa memangsa berbagai jenis hewan laut. Hiu juga dikenal sebagai hewan ganas yang tidak ramah dan bisa menyerang manusia ketika di air. Tapi benarkah hiu takut dengan lumba-lumba?

Hiu dan lumba-lumba sering dikaitkan lantaran keduanya adalah predator bagi ikan-ikan di lautan. Keduanya bisa memangsa satu sama lain dalam kondisi tertentu.

BACA JUGA : Ternyata Ini Alasan Kucing Sphynx Tidak Punya Bulu

Misal, hiu besar bisa memangsa lumba-lumba, terutama anak lumba-lumba yang masih sangat muda dan lumba-lumba dewasa yang sakit, karena ini adalah individu yang paling lemah dan paling rentan.

Namun, hiu besar juga bisa menjadi incaran makanan bagi spesies lumba-lumba besar, yakni Orca. Meski kerap disebut sebagai paus, namun Orca adalah salah satu jenis lumba-lumba.

Dengan badannya yang sangat besar, Orca menjadi pemangsa paling ditakuti di lautan termasuk oleh hiu besar sekalipun.

Alasan Hiu Takut dengan Lumba-lumba

Di perairan, hiu dan lumba-lumba tidak mendiami perairan yang sama. Hiu akan cenderung menghindari lumba-lumba karena kelompok atau kawanan yang dimiliki oleh lumba-lumba.

Kawanan lumba-lumba yang banyak menjadi senjata untuk melawan serangan hiu. Mereka tetap bersatu dalam polong dan saling membela dari serangan hiu dengan mengejar dan menabraknya, sebagaimana dikutip dari Whale and Dolphin Conservation.

BACA JUGA : Lalat Ternyata Butuh Tidur, Kapan dan di Mana?

Lumba-lumba juga mampu melindungi anggota kelompok mereka yang rentan dan keluarga besar seperti lumba-lumba muda dan lumba-lumba yang terluka atau sakit.

Lumba-lumba menggunakan moncongnya yang kuat sebagai senjata ampuh untuk menabrak hiu, menargetkan perut dan insangnya yang lunak untuk menyebabkan cedera.

Hal itulah yang membuat hiu enggan berdekatan dengan lumba-lumba saat di perairan. Bahkan untuk spesies lumba-lumba besar seperti Orca, hiu tidak akan mengancamnya.

Selain itu, hiu enggan mengejar lumba-lumba juga karena mereka dikenal cerdas dalam memahami kondisi saat diserang.

Kecepatan lumba-lumba sulit ditandingi oleh kebanyakan spesies hiu. Kelebihan itu menjadikannya sulit ditangkap dan tidak layak untuk dikejar pemangsa.

Kecepatan lumba-lumba juga dipengaruhi oleh tubuh dengan sendi rangka yang fleksibel sehingga memudahkan lumba-lumba untuk bermanuver dengan cepat dalam pertarungan.

Ekor horizontalnya juga memungkinkan lumba-lumba dalam hal kelincahan dan perubahan arah untuk serangan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *